Profil

Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Tanjungpura (selanjutnya disebut PS Kimia FMIPA UNTAN) resmi berdiri pada tanggal 9 Januari 2006 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNTAN Nomor: 119/J22/2006. Adapun berdirinya PS Kimia dipelopori oleh Rektor UNTAN periode 1982-1991 (Prof. Dr. H. Hadari Nawawi) yang diawali dengan dibentuknya Badan Pengelola Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BP MIPA) UNTAN pada tahun 1992 berdasarkan Surat Keputusan Rektor UNTAN Nomor: 4669/PT29.H/E/1992, tanggal 26 Nopember 1992. Pada tanggal 9 Nopember 2002 Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan surat nomor: 3494/D/T/2001 tentang izin penyelenggaraan proses pembelajaran Prodi Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi untuk jenjang strata satu (S-1) di UNTAN. Pada tahun akademik 2002/2003  PS Kimia telah menerima mahasiswa baru melalui jalur ujian tulis dan non ujian tulis sebanyak 34 mahasiswa. Pelaksanaan proses pembelajaran pada PS Kimia FMIPA ini selanjutnya dilandasi oleh Surat Dirjen Dikti Depdikbud Nomor 11179/D/T/K-N/2012 tanggal 20 Maret 2012 tentang Perpanjangan Ijin Program Studi Kimia Jenjang S-1 di UNTAN. PS Kimia mengkonsentrasikan diri sebagai penopang dalam peningkatan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam sehingga memberikan  dampak terhadap peningkatan kualitas kehidupan.

Cita-cita PS Kimia yang ingin dicapai di masa depan terangkum pada visi, dimana visi PS Kimia yaitu pada tahun 2020 Program Studi Kimia menjadi institusi pengembang sumber daya alam Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran sarjana kimia yang berakhlak dan berkualitas, serta mampu berkompetisi di tingkat regional, nasional dan internasional. Visi ini konsisten dengan visi FMIPA yaitu pada tahun 2020 menjadi institusi pengembang ilmu eksakta dan menghasilkan sarjana MIPA yang berahlak mulia, dan mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional serta internasional. Hal ini juga konsisten dengan visi Universitas Tanjungpura yaitu pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional.

Rumusan misi program studi yang diturunkan dari misi lembaga

Perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan PS Kimia mampu menghasilkan lulusan berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pengguna. Misi PS Kimia merupakan derivatif (turunan) dari misi FMIPA dan UNTAN. Misi PS Kimia adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan kreatif untuk menghasilkan lulusan berwawasan lingkungan yang mampu menyelesaikan permasalahan kimia di masyarakat pengguna untuk kesejahteraan dan kemanusiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengacu pada pengembangan sumber daya alam Kalimantan Barat untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Memanfaatkan ilmu dasar, teknologi dan terapannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Misi FMIPA adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu eksakta yang berkualitas dan berwawasan lingkungan. Sedangkan misi UNTAN adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pembangunan sesuai dengan displin ilmu masing-masing.

Rumusan tujuan program studi yang merujuk tujuan lembaga dan merupakan turunan dari misinya.

Berdasarkan misi PS Kimia tersebut diharapkan PS Kimia akan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam bidang kimia dan mengenal secara mendalam tentang Kalimantan Barat, sehingga mampu  menjadi pemberi arah pembangunan Kalimantan Barat yang seimbang, serasi, selaras dan harmonis, serta mampu berkompetisi baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Atas dasar itulah, tujuan PS Kimia dirumuskan sesuai dengan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu tugas dan darma di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu:

1. Menghasilkan lulusan sarjana kimia yang:

–  Mampu mendukung kebutuhan pemerintah dan masyarakat akan sumber daya manusia dalam berbagai bidang.

– Mampu mengembangkan diri sebagai ilmuwan dan tenaga profesional yang mengidentifikasi permasalahan dan mendapatkan solusi strategis dalam permasalahan yang dihadapi.

– Memiliki keterampilan dalam bekerja secara mandiri maupun bekerja bersama tim dan memimpin.

– Berbudi pekerti luhur serta memiliki iman dan takwa yang kuat

– Menguasai bahasa Inggris.

– Menguasai dan menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk pengembangan diri.

–  Mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional.

2. Menghasilkan luaran penelitian yang mencakup penelitian dasar maupun terapan khususnya pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam Kalimantan Barat

3. Mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi dan terapan untuk kesejahteraan masyarakat

Tujuan tersebut juga merujuk pada tujuan FMIPA, yaitu:

  1. Memberikan bekal dasar-dasar ilmu MIPA yang kuat melalui proses pendidikan tinggi dan penelitian yang inovatif dan kreatif.
  2. Memanfaatkan dasar-dasar ilmu MIPA dan terapan secara mandiri maupun bersamaan dengan ilmu-ilmu lain yang terkait menuju peningkatan nilai tambah yang kompetitif dan kualitas sumber daya manusia Kalimantan Barat.
  3. Membuka program-program studi yang relevan dengan ilmu MIPA yang diperlukan daerah Kalimantan Barat.

Sedangkan Universitas Tanjungpura sebagai lembaga pendidikan, lembaga ilmiah dan lembaga kemasyarakatan mempunyai tujuan sebagai berikut :

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dan atau kesenian serta mengupayakan penggunaanya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Rumusan sasaran program studi yang relevan dengan misinya

Sasaran PS Kimia bidang pendidikan sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang MIPA Kimia (Lampiran A.3) dengan deskripsi generik level 6 yaitu mampu memanfaatkan ipteks dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah; menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

Sasaran PS Kimia di bidang penelitian mengacu pada Pokok Ilmiah Pokok (PIP) yang menjadi unggulan UNTAN yaitu Lahan Basah dan Gambut Tropis, mencakup sumber daya alam di dalam (tanah), di permukaan maupun di atasnya. PS Kimia menguraikan PIP UNTAN dengan mengarahkan penelitian terutama pada eksplorasi tumbuh-tumbuhan endemik yang memiliki aktivitas biologi, seperti pasak bumi, durian, dan kesum. Kemudian material tambang seperti zirkon dan bauksit; material tanah, yaitu lempung dan tanah gambut. Selain itu air gambut memiliki karakteristik dan penanganan khusus yang masih dikembangkan. Selanjutnya intensitas sinar matahari yang sangat tinggi di Kalimantan Barat menjadi sumber energi yang sangat potensial dan sedang dikembangkan pemanfaatannya. Letak geografis Kalimantan Barat yang berada di sepanjang pesisir pantai menyebabkan potensi kelautan menjadi topik yang juga menarik untuk diteliti.

Sedangkan sasaran PS Kimia di bidang pengabdian kepada masyarakat dimulai dari pemetaan potensi dalam suatu daerah yang masih terisolasi kemudian merumuskan kegiatan-kegiatan yang relevan yang dapat dilaksanakan untuk pengembangan kesejahteraan masyarakat lokal. Kegiatan ini terintegrasi dalam kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa yang telah diselenggarakan FMIPA.

Analisis keterkaitan antara visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi

Visi, misi, tujuan dan sasaran PS Kimia mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran FMIPA serta UNTAN dan bertumpu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu terlaksananya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas. Berdasarkan penjelasan sebelumnya terbukti bahwa ada keterkaitan antara visi, misi, tujuan dan sasaran PS Kimia, dimana visi PS Kimia konsisten dengan visi FMIPA dan UNTAN. Misi PS Kimia merupakan derivatif dari visi dan tujuan adalah rumusan teknis yang akan dilakukan oleh PS Kimia untuk mencapai misi. Sedangkan sasaran merupakan rumusan kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan. Sasaran dalam bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat merupakan rumusan yang mengacu pada PIP UNTAN.

PS Kimia menjalankan visi, misi, tujuan, dan sasaran searah dan mendukung visi dan misi FMIPA dan Universitas Tanjungpura. PS Kimia selama 5 tahun terakhir memiliki 281 orang mahasiswa yang didukung oleh 25 orang dosen dengan kualifikasi 20 orang S2 (80%) dan 5 orang S3 (20%). Sementara itu jenjang jabatan akademik yang dimiliki dosen PS Kimia adalah 5 orang atau 20% Asisten Ahli, 14 orang atau 56% Lektor, 5 orang atau 20% Lektor Kepala dan 1 orang atau 4% Guru Besar. Kurikulum PS Kimia terdiri atas kurikulum inti dan institusional sesuai dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Pelaksanaan kegiatan perkuliahan di PS Kimia telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung. Dalam upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana, PS Kimia dalam beberapa tahun terakhir, mendapat dukungan dari pihak Universitas Tanjungpura dan bantuan dari Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Sumber dana PS Kimia berasal dari sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) dan bantuan penyelenggaraan pendidikan (BPP) mahasiswa. Persentase penggunaan dana SPP dan BPP mahasiswa yakni 75 % untuk Fakultas dan 25% untuk Universitas. Selain sumber dana tersebut, PS Kimia juga memperoleh hibah untuk kegiatan penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat bagi para dosen dari DP2M Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI) dan Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI. Pengelolaan dana mengacu kepada Rencana Kerja Anggaran Jangka Menengah yang disusun dengan melibatkan dan memperhatikan usul dari tiap program studi.

Struktur organisasi di PS Kimia yang sederhana dengan pembagian tugas yang jelas dan penerapan pola kepemimpinan demokratis dan transparan, serta pengambilan keputusan secara musyawarah mufakat menciptakan suasana akademik yang kondusif. Suasana akademik yang kondusif menciptakan peningkatan penelitian dan karya ilmiah dari dosen dan mahasiswa. Mahasiswa sejak tahun 2004 selalu mengikuti secara aktif kegiatan penalaran yang dilaksanakan oleh DP2M dan Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Dikti hingga memperoleh pendananan dalam kategori PKMP dan PKMI dan menjadi juara untuk kegiatan LKTM serta aktif mengikuti PIMNAS sejak tahun 2006. Kegiatan akademik dilakukan dengan menjalankan fungsi kontrol dalam bentuk evaluasi rutin perkuliahan tiap semester dan telah menerapkan sistem teknologi informasi (sistem akademik online).

Selanjutnya mulai dari tahun 2006 PS Kimia telah menghasilkan 173 orang lulusan dengan rata-rata indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,21 dan masa studi 5,43 tahun. Beberapa lulusan telah diserap pasaran kerja sesuai dengan bidang Kimia yang ditekuninya. Peningkatan kualitas akademik terus dilakukan seiring dengan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *