Program Pasca Sarjana

PENDAHULUAN

Kalimantan Barat merupakan wilayah Indonesia yang kaya akan sumberdaya alam, Daerah ini dilintasi oleh garis Khatulistiwa dan memiliki keanekaragaman hayati hutan tropis yang tak ternilai harganya. Optimalisasi pengelolaan potensi sumberdaya alam ini, memerlukan penguasaan bidang-bidang ilmu terkait yang ditunjang oleh ilmu dasar (basic sciences), seperti ilmu kimia.

Universitas Tanjungpura dengan Pola Ilmiah Pokok “Lahan Basah dan Gambut Tropis” berkomitmen dalam mengatasi permasalahan lingkungan dan peningkatan kualitas agroindustri. Perwujudan dari komitmen ini adalah melalui optimalisasi studi serta kegiatan-kegiatan pembinaan lingkungan hidup, peran aktif dalam pengambilan kebijakan lingkungan maupun berbagai kajian inovatif terhadap potensi pengembangan bidang agroindustri,

Pelaksanaan Program Studi (S1) Kimia FMIPA UNTAN telah menghasilkan berbagai eksplorasi penelitian di bidang ilmu kimia. Hasil eksplorasi ini perlu dikembangkan dan dikelola oleh tenaga ahli professional, terutama pada bidang lingkungan dan agroindustri. Keberadaan Program Studi (S2) Magister Kimia FMIPA UNTAN diharapkan dapat mencetak tenaga ahli profesional di bidang ilmu kimia yang sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional dan kemajuan ilmu kimia, terutama pada bidang lingkungan dan agroindustri.

V I S I  &  M I S I

VISI: “Menjadikan Program Studi Magister Kimia sebagai institusi unggul dalam riset serta pusat pengembangan pengelolaan sumberdaya alam dan pengembangan kehidupan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

MISI: “Menyelenggarakan kegiatan, pengelolaan dan proses pendidikan yang efektif dan efisien dalam suasana akademik dan edukatif berdasarkan prosedur yang rasional, transparan, dan baku untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, serta memahami konsep dan teori agar mampu memecahkan masalah lingkungan secara holistik dan komprehensif.

T U J U A N

  1. Menghasilkan penelitian dasar dan terapan yang inovatif dengan pendekatan integratif berdasarkan perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Memberikan pemecahan masalah dalam bentuk model ataupun produk kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan dan manifestasi tanggung jawab sosial untuk pemberdayaan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup (go green) masyarakat sekitar.
  3. Mengembangkan kinerja profesional yang ditunjukkan dengan keserba cukupan tinjauan, ketajaman analisis masalah serta kepaduan pemecahan masalah.

PELAKSANAAN STUDI

Program Studi Magister Kimia telah mendapatkan izin penyelenggaraan program studi sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor:233/E/O/2011, Tanggal 13 Oktober 2011.

Pelaksanaan studi dilakukan secara reguler pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu bertempat di Gedung FMIPA UNTAN / Program Studi Magister Kimia, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Pontianak 78124.

PROGRAM STUDI

Program Studi Magister Kimia terdiri dari 2 (dua) konsentrasi studi, yaitu:

  1. Konsentrasi Kimia Lingkungan
  2. Konsentrasi Kimia Agroindustri

CALON PESERTA

Program Studi Magister Kimia bersifat multidisiplin dan diikuti oleh para sarjana (S1) dari berbagai disiplin ilmu (multy-entry program)

PERSYARATAN PESERTA

Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dengan lampiran sebagai berikut:

  1. Dua lembar foto copy ijazah S1 (legalisir)
  2. Dua lembar foto copy transkrip akademik S1 (legalisir)
  3. Empat lembar pas photo berwarna terbaru ukuran 4×6
  4. Surat rekomendasi dari pembimbing S1
  5. Surat ijin dari atasan (bagi yang sedang bekerja)

Sekretariat Program Studi Magister Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura

Gedung FMIPA UNTAN, Jl. Ahmad Yani, Pontianak 78124.

Telp.                 : (0561) 585343

Fax                   : (0561) 585343

e-mail              : magisterkimia@untan.ac.id

Website           : www.chemistry-untan.com

SUSUNAN PENGELOLA

Penanggung jawab

Rektor Universitas Tanjungpura

Dewan Penasehat

Pembantu Rektor I Universitas Tanjungpura

Direktur Program Pascasarjana Universitas Tanjungpura

Dekan FMIPA Universitas Tanjungpura

Pimpinan Program

Ketua Program: Rudiyansyah, S.Si, M.Si, Ph.D

Sekretaris Program: Titin Anita Zaharah, S.Si, M.Sc

Koordinator Bidang Konsentrasi

  1. Kimia Lingkungan: Berlian Sitorus, S.Si, M.Si, M.Sc
  2. Kimia Agroindustri: Puji Ardiningsih, S.Si, M.Si

Staf Pengajar

– Pakar dan praktisi di bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan agroindustri yang memiliki kompetensi di bidangnya.

– AMDAL bekerjasama dengan Tim Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) UNTAN

– Pakar lingkungan tingkat Nasional.