Program Sarjana

PENDAHULUAN

Kalimantan Barat merupakan wilayah Indonesia yang kaya dengan sumberdaya alam yang tersebar di daratan dan perairan. Pengelolaan dan pengembangan potensi sumberdaya alam memerlukan penguasaan bidang – bidang ilmu terkait yang ditunjang oleh ilmu dasar (basic science). Keberadaan Program Studi Kimia FMIPA Untan diharapkan dapat menjadi penopang dalam peningkatan sumberdaya manusia untuk mengelola sumberdaya alam sehingga memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas kehidupan.

Pelaksanaan proses pembelajaran pada Program Studi Kimia berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 3494/D/T/2001, diperpanjang berdasarkan Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 2322/D/T/2004, dan diperpanjang berdasarkan Surat Direjen Dikti Depdiknas Nomor 1140/D/T/2008 dan berlaku sampai dengan tahun 2012. Akreditasi Program Studi Kimia FMIPA adalah peringkat B yang dikeluarkan oleh SK BAN-PT Nomor 164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 berlaku sampai tahun 2018, dan telah mengajukan re-akreditasi pada tanggal 30 Januari 2018.

VISI DAN MISI

Visi

Visi PS Kimia FMIPA UNTAN disusun dengan mengacu pada visi Universitas Tanjungpura serta visi Fakultas MIPA yang dirumuskan sebagai berikut:

Visi Universitas Tanjungpura:

Menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah di Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi di tingkat dunia, baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Visi Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura:

Pada tahun 2020 menjadi pusat penyelenggara pendidikan dan pengkajian ilmu dasar dan terapan yang berbasis sumber daya tropis untuk menghasilkan luaran yang berkarakter dan mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional, serta internasional.

Visi PS Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura:

Pada tahun 2020 PS Kimia menjadi institusi pengembang sumber daya alam Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran sarjana kimia yang berakhlak dan berkualitas, serta mampu berkompetisi di tingkat regional, nasional dan internasional.

Misi

Misi adalah rumusan tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan oleh institusi untuk mewujudkan visinya. Adapun misi PS Kimia FMIPA UNTAN adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan kreatif untuk menghasilkan lulusan berwawasan lingkungan yang mampu menyelesaikan permasalahan kimia di masyarakat pengguna untuk kesejahteraan dan kemanusiaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengacu pada pengembangan sumber daya alam Kalimantan Barat untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan mengimplementasikan ilmu dasar, teknologi dan terapannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

TUJUAN

Tujuan PS Kimia FMIPA UNTAN dirumuskan sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu:

1. Menghasilkan lulusan sarjana kimia yang:

  • mampu mendukung kebutuhan pemerintah dan masyarakat akan sumber daya manusia dalam berbagai bidang,
  • mampu mengembangkan diri sebagai ilmuwan dan tenaga profesional yang mengidentifikasi permasalahan dan mendapatkan solusi strategis dalam permasalahan yang dihadapi,
  • memiliki keterampilan dalam bekerja secara mandiri maupun bekerja bersama tim dan memimpin,
  • berbudi pekerti luhur serta memiliki iman dan takwa yang kuat,
  • menguasai bahasa Inggris,
  • menguasai dan menggunakan teknologi komunikasi serta informasi untuk pengembangan diri, dan
  • mampu bersaing di tingkat regional, nasional maupun internasional.

2. Menghasilkan luaran penelitian yang mencakup penelitian dasar maupun terapan khususnya pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam Kalimantan Barat.

3. Mengaplikasikan ilmu dasar, teknologi dan terapan untuk kesejahteraan masyarakat.

SASARAN & STRATEGI PENCAPAIANNYA

Sasaran PS Kimia FMIPA UNTAN secara umum dikelompokkan menjadi sasaran jangka pendek (5 tahun) dan jangka panjang (10 Tahun). Sasaran jangka pendek hingga tahun 2020 diarahkan untuk meningkatkan peran PS Kimia FMIPA UNTAN di tingkat nasional dan internasional, sedangkan sasaran jangka panjang hingga 10 tahun kedepan adalah menjadikan PS Kimia FMIPA UNTAN sebagai bagian dari program Universitas Tanjungpura menjadi research university.

Strategi pencapaian sasaran PS Kimia dikelompokkan berdasarkan sasaran pemahaman visi-misi; tata pamong dan organisasi; kemahasiswaan dan alumni; sumber daya manusia; akademik dan kurikulum; sarana dan prasarana; serta kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).