Kenapa Kita Ngga Bisa Lepas Dari Gula?

Kalau lagi makan eskrim, coklat, permen, dan kue ulang tahun, pasti bikin kita… bahagia! Walaupun kata orang makanan manis bikin kita gendut, rasanya gula ga bisa lepas dari kehidupan. Tapiii, kenapa tubuh kita perlu gula? Enjoy the video!

Singkatnya, tubuh kita perlu energi yang didapat dari gula! Ibaratnya, gula itu kayak batu bara yang bikin kereta api bisa pergi ke Bandung dan Surabaya. Tapi kalau kita pikir gula cuma berbentuk kayak gini atau gini aja, nyatanya gula juga didapat dari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, dan juga buah-buahan. Tapi, apakah makan makanan mengandung gula bikin kita ga habis-habis tenaganya?

Jawabannya, enggak! Ternyata, gula itu ada beragam jenisnya dan semuanya sama-sama engga bagus kalau dimakan banyak-banyak. Pendeknya, ada jenis gula yang gampang diserap — atau istilahnya karbohidrat sederhana — dan ada juga yang untuk memprosesnya itu kayak ngerjain soal matematika alias,  uh, rumit banget! Nah, dua-duanya kalau kebanyakan bukan bikin tenaga jadi engga habis-habis tapi justru — bikin perut kita buncit. Kenapa bisa begitu?

Singkatnya, waktu makan karbohidrat, itu bikin gula darah di dalam tubuh kita… naik! Waktu tubuh mendeteksi gula, maka pasukan bernama insulin akan muncul dan menggerakkan gula untuk masuk ke dalam sel tubuh untuk diolah menjadi energi atau DISIMPAN dalam otot. Tapiii, waktu kadar gula dalam tubuh langsung melonjak tinggi, insulin bakal kewalahan dan akhirnya, gula tidak bisa lagi disimpan masuk ke otot.

Kalau udah kebanyakan gula, tubuh mencari cara lain untuk menyimpannya, dan yang paling gampang: diubah menjadi lemak! Itu karena sel lemak kita bisa menyimpan energi dalam jumlah tak terbatas. Kalau itu terjadi maka gula bikin lemak jadi numpuk, perut membuncit, obesitass, sampai yang paling parah bisa bikin kita kena serangan jantung!

Gula memang penting buat kita, tapiii jangan lupa makan makanan bergizi dan berserat lainnya. Karena bukan cuma bisa mengundang pasukan semut, kebanyakan gula juga bisa bikin perut kita menggendut. Dan seperti biasa, terima kasih.

Artikel dari Kok Bisa Channel

References:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *