Mengisi Waktu Libur Anak Sekolah, Chemistry Insight Center (CIC) Untan Bersama Hotel Aston Pontianak Gelar Kegiatan Tahunan “FUN CHEMISTRY FOR KIDS 2024”

Dalam rangka mengisi waktu luang di hari libur sekolah, Aston Pontianak Hotel & Convention Center kembali bekerjasama dengan Chemistry Insight Center Universitas Tanjungpura (CIC Untan) menggelar kegiatan “Fun Chemistry for Kids” yang berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 9, 10 dan 11 Juli 2024 bertempat di Garden Lounge, Lantai 1 Aston Pontianak Hotel & Convention Center. Tujuan diadakannya kegiatan Fun Chem 2024 yaitu :
1. Menjadi wadah ‘ruang belajar’ bagi anak-anak usia SD tentang ilmu pengetahuan alam
yang terkait ilmu kimia selama waktu libur kenaikan kelas dengan menawarkan metode
pembelajaran yang menyenangkan.
2. Membersamai anak-anak dalam menggali dan mengasah kepercayaan diri saat berbicara
didepan umum.

“Ini sudah kali ketiga Aston Pontianak bersama CIC Untan menggelar kegiatan Fun Chemistry, dan di tahun ini ada yang beda yaitu ada workshop Public Speaking yang sangat baik untuk melatih anak-anak berani dan percaya diri untuk berbicara di depan,” ungkap Arifin selaku perwakilan dari Aston Pontianak Hotel & Convention Center.

Sementara itu, Ketua Jurusan Kimia FMIPA Untan, Andi Hairil Alimuddin, menambahkan salah satu tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan ilmu kimia kepada anak-anak dekat dengan kehidupan sehari-hari. “Dalam setiap eksperimen anak-anak diajak melakukan praktek dan dijelaskan oleh pendamping tahap demi tahap agar mereka dapat melihat bahwa sains, khususnya kimia, bisa sangat menyenangkan dan menarik,” ucapnya.

Kegiatan Fun Chemistry for Kids dirancang untuk anak-anak usia 6-12 tahun dengan pendekatan yang interaktif dan eksperimen-eksperimen sederhana, diselingi dengan permainan seru sehingga anak-anak dapat belajar sambil bermain. Adapun rangkaian kegiatannya sebagai berikut : 

  • Basic of Public Speaking, 9 Juli 2024

Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta. Peserta diajak untuk belajar berbicara didepan umum dan melatih kepercayaan diri sejak dini. Materi public speaking ini disampaikan oleh ibu Risya Sasri, S.Si., M.Si. Hal ini mendapat respon yang positif bagi masing-masing peserta

  • Cottage Cheese

Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang didampingi oleh asisten praktikum tiap kelompoknya. Peserta diajak belajar mengenai system koagulasi koloid melalui pembuatan keju sederhana. Pada percobaan ini terjadi zat padat dalam susu terjadi penggumpalan, kemudian adanya penambahan enzim rennet dan pengasinan untuk mengurangi air berlebih serta mengawetkan keju.

  • Magic Ice Cream

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang didampingi oleh asisten praktikum tiap kelompoknya. Eksperimen Magic ice dilakukan agar para ilmuwan cilik mengetahui perubahan wujud gas dan ciri-cirinya melalui reaksi reaksi kimia. Pada percobaan ini terjadi perubahan wujud benda dari cair ke padat yang disebut memadat yang dibantu dengan garam kasar untuk menurunkan titik beku dari es batu. 

Kegiatan semakin menarik dengan sesi uiz games dan apresiasi peserta teraktif. Kemudian ditutup dengan pemberian cenderamata dari CIC FMIPA Untan kepada Aston Hotel Convention Center, begitu sebaliknya. Secara keseluruhan kegiatan Fun Chem 2024 ini telah sukses dilaksanakan dan mendapat sambutan yang sangat antusias baik dari para peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *