PKM Prodi S1 Kimia : Pelatihan Pembuatan Keju Dalam Rangka Memperkenalkan Sistem Koloid dan Sifat-Sifatnya Pada Siswa/i Sekolah Menengah Atas di Kubu Raya

Program Studi S1 Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kepada siswa/i SMA Al-Fityan Kubu Raya. Kegiatan PkM yang dilakukan berjudul “Pelatihan Pembuatan Keju Dalam Rangka Memperkenalkan Sistem Koloid dan Sifat-Sifatnya Pada Siswa/i Sekolah Menengah Atas di Pontianak”. Kegiatan ini diketuai oleh Winda Rahmalia, S.Si., M.Si. Pelaksanaan PKM dilakukan pada hari Selasa, 16 Juli 2024. Kegiatan dimulai dengan ramah tamah antara pihak Prodi Kimia FMIPA UNTAN dengan perwakilan guru SMA Al-Fityan Kubu Raya. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan, perkenalan dari kedua pihak.

Kegiatan inti yaitu pemberian materi dasar tentang sistem koloid dan sifat-sifatnya, serta praktikum pembuatan keju. Tim PKM Prodi S1 Kimia juga membagikan Lembar Kerja Praktikum Kimia Sederhana untuk Siswa Menengah Atas sebagai produk luaran yang diharapkan dapat menjadi modul pelaksanaan praktikum yang dapat diterapkan di SMA Al-Fityan Kubu Raya.

Evaluasi kegiatan dilakukan dengan membagikan pretest dan postest kepada siswa untuk memperkirakan keberhasilan pelaksanaan kegiatan. Kuisioner dibagikan sebelum dan sesudah kegiatan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai materi dasar tentang sistem koloid dan aplikasi pembuatan keju. Kegiatan semakin menarik dengan sesi kuis dan doorprize. 

Secara keseluruhan kegiatan PKM ini telah sukses dilaksanakan dan mendapat sambutan yang sangat antusias baik dari pihak sekolah maupun dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini juga membuka peluang kerjasama antara Program Studi Kimia Fakultas MIPA UNTAN dengan SMA Al-Fityan Kubu Raya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *