PKM Prodi S1 Kimia : Pengenalan Intrumentasi Kimia Penunjang Praktikum Kimia di SMAN Kubu Raya

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura menggelar sosialisasi penggunaan instrumentas kimia kepada siswa-siswi SMAN Kubu Raya, salah satunya Al-Fityan Kubu Raya. Kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk pengenalan dan penggunaan instrumentasi kimia, salah satunya Instrumentasi Spektrofotometri UV-Vis. Tim PKM Dosen yang dipimpin langsung oleh Bapak Adhityawarman, Ph.D. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Juli 2024 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XI dan XII Peminatan Kimia.

Kegiatan sosialisasi berlangsung atraktif dan tercipta beragam diskusi antara dosen, asisten dan siswa. Para siswa mendapatkan informasi tentang penggunaan alat instrumentasi kimia yaitu spektrofotometri UV-Vis. Mulai dari pemberian materi dasar tentang spektrofotometri UV-Vis hingga praktikum penggunaan alat instrumen tersebut yang didampingi oleh asisten praktikum. Hal ini merupakan salah satu media untuk memberikan gambaran kepada siswa-siswi penggunaan alat instrumentasi kimia. Kegiatan semakin menarik dengan sesi kuis dan doorprize. 

Evaluasi kegiatan dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada siswa untuk memperkirakan keberhasilan pelaksanaan kegiatan. Kuisioner dibagikan sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil kuisioner menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai materi dasar dan praktikum penggunaan instumentasi kimia yaitu Spektrofotometri UV-Vis.

Besar harapan dari Tim PKM Dosen Jurusan S1 Kimia agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebagai bekal, semangat serta motivasi bagi para siswa dalam melangkah ke jenjang pendidikan tinggi di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *