PKM PRODI KIMIA S2 : PEMANFAATAN APLIKASI PENDUKUNG PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KIMIA SEKOLAH MENENGAH UMUM DI KABUPATEN KUBU RAYA

Tim Dosen Jurusan Kimia Prodi S2 Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka peningkatan kompetensi guru kimia sekolah menengah umum yang berada di Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 20 Juli 2024 kemarin. Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dimulai dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Kimia, Dr. Andi Khairil Alimuddin dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).


Tujuan dari Kegiatan ini diharapkan dapat mepermudah guru SMA Kabupaten Kubu Raya dalam penulisan dan penerbitan karya tulis ilmiah, mengetahui bahaya plagiarism dalam penulian karya ilmiah dan cara-cara menghindari plagiarism, serta mengenalkan sistem mendeley dalam pembuatan daftar pustaka yang efektif sehingga kompetensi yang dimiliki guru SMA Kabupaten Kubu Raya semakin meningkat. Kegiatan ini menyampaikan tiga materi penting dalam penulisan dan penerbitan karya tulis ilmiah yang disampai oleh dosen Jurusan Kimia Prodi S2 yaitu:

  • Penelusuran Pustaka dan Jurnal Publikasi : Karya Ilmiah yang Menunjang Kompetensi Keilmiahan Puspresnas (OPSI = Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) yang disampaikan oleh Dr. Ari Widiyantoro, S.Si., M.Si.
  • Penggunaan Software Aplikasi dalam Pengecekan Plagiarism untuk Publikasi Artikel Ilmiah yang disampaikan oleh Bapak Rudiyansyah, Ph.D.
  • Terakhir Penggunaan Software Aplikasi dalam Penyusunan Referensi untuk Publikasi Artikel Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Endah Sayekti, S.Si., M.Si.

Materi yang disampaikan masing-masing berlangsung selama kurang lebih selama 1 jam dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan tercipta beragam diskusi antara pemateri dan para guru kimia kabupaten kuburaya. Selain itu, ada sesi doorprize dan pembagian hadiah bagi peserta yang aktif dalam sesi diskusi yang disponsori oleh Chemistry Insight Center Jurusan Kimia FMIPA Untan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *