CHEMISTRY INSIGHT CENTRE (CIC) UNTAN JALIN KOLABORASI BERSAMA SD MUHAMADIYAH 2 PONTIANAK DALAM “SCIENCE DAY 2024” YANG KEDUA DENGAN BERBAGAI EKSPERIMEN YANG MENARIK

Chemistry Insight Center (CIC) FMIPA Untan kembali berkolaborasi dengan SD Muhammadiyah 2 Pontianak dalam kegiatan Science Day kedua tahun 2024 pada hari Sabtu, 26 Mei 2024. Kegiatan Science Day pada kali ini menyungsung tema “Fun Science Experiment” yang diikuti oleh siswa-siswi kelas cerdas istimewa (CI) tingkat 3CI, 4CI, dan 5CI dengan total peserta 65 orang.
Tujuan diadakannya kegiatan Science Day adalah untuk mengenalkan ilmu kimia kepada siswa-siswi dengan melakukan eksperimen agar lebih asik dan  mudah untuk dipahami karena Selama ini siswa-siswi hanya mendapatkan teorinya di dalam kelas, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempertajam ilmu atau teori yang telah mereka terima.

Beberapa Eksperimen yang dilakukan pada kegiatan ini antara lain yaitu Circuit Tester, Magic Ice, Digestive System, dan Solar Eclipse System. Dalam setiap eksperimen adik-adik akan didampingi oleh kakak dan abang yang membawakan materi eksperimen dengan penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. selain itu bahan dan alat peraga yang digunakan dibuat semenarik mungkin sehingga para ilmuwan cilik tidak bosan dan menumbuhkan rasa keinginan yang besar untuk belajar ilmu kimia.

• Circuit Tester

Eksperimen Circuit tester menggunakan larutan yang mudah ditemukan pada kehidupan sehari-hari seperti larutan garam (infus), coca cola, pocari sweet, yakult dan minyak goreng. eksperimen ini dilakukan agar ilmuwan cilik dapat mengetahui ciri-ciri dan dapat membedakan larutan yang digunakan termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah, dan non elektrolit berdasarkan hasil pengamatan penelitian.

• Magic Ice

Eksperimen Magic ice dilakukan agar para ilmuwan cilik mengetahui perubahan wujud gas dan ciri-cirinya melalui reaksi reaksi kimia. pada percobaan ini terjadi perubahan wujud benda dari cair ke padat yang disebut memadat yang dibantu dengan garam kasar untuk menurunkan titik beku dari es batu.

• Disgestive System

​​​​Eksperimen Disgestive System dilakukan agar para ilmuwan cilik mengetahui proses pencernaan yang terjadi didalam tubuh manusia dari proses masuknya ke dalam mulut hingga keluar melalui anus. proses percobaan dibantu dengan alat peraga yang telah dibuat semenarik mungkin sehingga mudah dipahami oleh para ilmuwan cilik.

• Solar Eclipse System

Eksperimen Solar Eclipse System dilakukan agar para ilmuwan cilik mengetahui sistem tata surya dan arah rotasi revolusi yang menyebabkan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. selain itu para ilmuwan cilik juga mempelajari rotasi dan revolusi bumi yang menyebabkan terjadinya beberapa peristiwa salah satunya yaitu perubahan tahun dan hari yang terjadi pada planet bumi.

Kegiatan dibuka oleh Kepala sekolah SD Muhammadiyah 2 Pontianak, Ibu Hj. Yumi Pariyanti, S.Pd bersama Sekretaris Jurusan Kimia FMIPA Untan, Ibu Dr Endah Sayekti, S.Si., M.Si dan dihadiri Ketua Program Studi S1 Kimia FMIPA Untan sekaligus Ketua Chemistry Insight Center (CIC), Ibu Dr. Winda Rahmalia, S.Si., M.Si, serta dosen pembina CIC, Ibu Intan Syahbanu, S.Si., M.Si dan Ibu Risya Sasri, S.Si., M.Sc.

Dalam sambutannya Kepala sekolah SD Muhammadiyah 2 Pontianak, Ibu Hj. Yumi Pariyanti, S.Pd  menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu ikhtiar dari sekolah untuk menambah ilmu pengetahuan sains. Semoga kedepannya kegiatan ini bisa terus berlanjut.

Sementara itu, Sekretaris Jurusan FMIPA Untan juga menyampaikan harapan agar materi di kegiatan Science Day ini  akan sangat bermanfaat bagi siswa dalam membangkitkan semangat berlajar dan menstimulus siswa agar mencintai sains untuk menciptakan saintis yang unggul.

Selain bereksperimen para siswa juga melaksanakan pretest dan postest untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi eksperimen. Ada juga permainan dan hadiah menarik, sehingga para peserta mengikuti seluruh rangkaian acara dengan senang. Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Ibu Octavia Shinta Aryani, M.Pd sekaligus memberikan mendali kepada siswa-siswi sebagai bentuk apresiasi telah mengikuti serangkaian acara hingga selesai.