Chemistry Insight Center (CIC) Mengadakan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Batang dan Sabun Colek dari Minyak Jelantah Bersama Ibu-Ibu TP PKK di Desa Sungai Rengas

Kalian tau gak sih kalau Minyak Jelantah yang ada dirumah kalian itu bisa di ubah menjadi sabun?? Amazing bukan?

Minyak jelantah (waste cooking oil) merupakan minyak goreng yang telah digunakan baik sekali atau beberapa kali pakai. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa minyak jelantah merupakan limbah karena memiliki bilangan asam dan bilangan peroksidanya yang meningkat serta mengandung senyawa karsinogenik selama proses penggorengan. Limbah minyak jelantah semakin hari akan semakin meningkat sehingga masyarakat perlu dikenalkan ide kreatif/inovasi dalam rangka meminimalisir limbah rumah tangga terutama yang berpotensi merusak lingkungan. Limbah minyak jelantah yang dihasilkan dari sisa penggorengan di dapur atau pedagang gorengan dapat diolah kembali menjadi sabun batang dan sabun colek. Hal ini, dapat menjadi peluang bagi ibu-ibu rumah tangga untuk menjadi lebih produktif untuk menciptakan/menghasilkan barang bekas/sampah menjadi barang yang bernilai ekonomi. Minyak jelantah tersebut dapat diolah menjadi bahan baku pembuatan sabun sebagai solusi permasalahan limbah hasil produksi makanan dan rumah tangga. 

Pada tanggal 17 Januari 2023, CIC melakukan pelatihan pembuatan sabun bersama ibu-ibu TP PKK dari Desa Sungai Rengas nih, sabun dibuat dalam bentuk colek dan batangan yang salah satu bahan nya yaitu Minyak Jelantah dengan tujuan untuk mengurangi limbah rumah tangga sobat!!

Pembuatan sabun dari minyak jelantah menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh seperti garam, masako, tepung, seledri, potongan wortel, dan tambahan bahan kimia sebagai pembentuk sabun yaitu Kalium Hidroksida (KOH). ibu rumah tangga yang ada di Desa Sungai Rengas sangat senang dan enjoy dalam mengikuti kegiatan yang diadakan Chemistry Insight Center!

Keren kan? Sekarang ibu-ibu di Desa Sungai Rengas bisa membuat sabun sendiri dari Minyak Jelantah serta dapat mengurangi limbah rumah tangga. Yeay!

Jika kalian ingin daerahnya mengadakan pelatihan dari CIC, bisa hubungi kontak dibawah inii yaa!!

instagram : official.cic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *