Prodi S1 Kimia FMIPA UNTAN Implementasikan MBKM melalui Program Magang Industri di PT. Pundi Lahan Khatulistiwa

Program Studi (Prodi) S1 Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura (UNTAN) pada Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 telah mengimplementasikan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yaitu: Program Magang Industri. Program ini terbuka untuk mahasiswa angkatan 2019. Proses pendaftaran telah berlangsung dari bulan Juni s/d Juli 2022. Jumlah pendaftar yang memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 16 mahasiswa, yang selanjutnya mengikuti tahap seleksi tertulis dan wawancara. Hasil seleksi terpilih 6 mahasiswa yang lolos untuk mengikuti magang industri di PT. Pundi Lahan Khatulistiwa selama 1 semester. Adapun capaian dari rencana pembelajaran akan direkognisi ke dalam 21 SKS Mata Kuliah.

Mahasiswa terpilih yang akan mengikuti magang telah mendapatkan kuliah pembekalan selama 10 hari, berlangsung dari tanggal 15-26 Agustus 2022. Kegiatan pembekalan bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa sebelum beraktivitas dalam lingkungan industry, agar proses magang ingin berjalan dengan baik. Para mahasiswa magang ini selanjutnya akan dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Prodi S1 Kimia FMIPA UNTAN dan Pembimbing Lapangan dari pihak industri yang akan mendampingi selama periode waktu magang berlangsung.

Pelepasan peserta magang industri berlangsung pada hari Ju’mat, 26 Agustus 2022 bertempat di Ruang Senat FMIPA UNTAN.  Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, para Dosen Prodi Kimia, pada Ketua Jurusan di lingkungan fakultas, perwakilan PT. Pundi Lahan Khatulistiwa serta para mahasiswa.  Acara pelepasan dibuka oleh Sekretaris Jurusan Kimia FMIPA UNTAN, Dr. Endah Sayekti, M.Si. Selanjutnya, dilaksanakan pemaparan kegiatan oleh Ketua MBKM Prodi Kimia, Imelda Silalahi, Ph.D.

Pada kesempatan ini pula, Dr. Gusrizal selaku Dekan FMIPA UNTAN menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang terpilih dalam kegiatan Magang Industri Program MBKM ini.  Peserta diharapkan dapat memanfaatkan waktu magang industri dengan sebaik-baiknya. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja yang cukup, tidak hanya hard skills, namun juga soft skills, seperti: cara berkomunikasi, bekerja sama dalam tim, disiplin waktu, yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan industri.

Di sisi lain, bagi pihak mitra/perusahaan sendiri juga nantinya akan mendapatkan talenta-talenta yang siap kerja, dan apabila sesuai atau cocok nantinya mahasiswa tersebut akan bisa direkrut langsung oleh mitra sehingga dapat mengurangi cost rekrutmen maupun training. Di akhir sambutan Dekan juga menekankan bahwa ketika mahasiswa bekerja di industri harus sesuai dengan SOP (Standar Operasional Produk) dan selalu menjaga nama baik fakultas maupun universitas.

Guru Besar Kimia Agroindustri, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA juga turut memberikan nasihat kepada mahasiswa magang industri. Harapannya, agar dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dengan baik. Perwakilan PT. Pundi Lahan Khatulistiwa menyambut baik program ini, sehingga menjadi salah satu bentuk kolaborasi AcademicIndustry. Acara ditutup dengan doa dan sesi foto bersama.

Dengan belangsungnya acara pelepasan peserta Magang Industri ini, menandakan bahwa mahasiswa telah siap untuk bertugas dan menggali ilmu di dunia kerja industry yang kompetitif.

Berikut dokumentasi kegiatan pengantaran peserta mahasiswa magang industri oleh tim MBKM Prodi S1 Kimia ke lokasi PT. Pundi Lahan Khatulistiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.