Chemistry Discussion : Kegiatan Diskusi Ilmiah Jurusan Kimia FMIPA UNTAN

Sebagai upaya untuk membangun suasana akademis yang kondusif, diperlukan kegiatan yang dapat meningkatkan gairah penelitian. Mengawali Tahun 2020, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura menghidupkan kembali kegiatan berupa diskusi/seminar ilmiah Kimia yang bertajuk Chemistry Discussion #1 yang telah terselenggara pada tanggal 23 Januari 2020 bertempat di Ruang Senat Lantai II FMIPA Untan. Acara dibuka oleh Dr. Andi Hairil Alimuddin, M.Si. selaku Ketua Jurusan Kimia FMIPA Untan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mendisemisasikan penelitian atau publikasi yang sedang dilakukan oleh dosen yang bersangkutan. Dengan demikian, kegiatan ini bagi dosen dapat meningkatkan kolaborasi risetnya, sedangkan bagi mahasiswa dapat menjadi gambaran tentang tugas akhir yang akan atau sedang ditempuhnya. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan diskusi ilmiah ini akan dijadwalkan secara rutin setiap dua bulan sekali.

Pada kegiatan Chemistry Discussion #1 menghadirkan 2 pemateri yang keduanya adalah dosen dari Jurusan Kimia FMIPA Untan. Pemateri I adalah Dr. Gusrizal, M.Si. dengan topik diskusi ‘Riset Nanopartikel Perak dalam Tinjauan Kimia”. Pemateri II adalah Imelda H. Silalahi, Ph.D. dengan topik diskusi “The Role of Metals on Materials ; Properties and Reactivity”.  Diskusi berlangsung dengan dipandu oleh Dr. Endah Sayekti, M.Si. Kegiatan ini selain dihadiri oleh dosen Jurusan Kimia juga dihadiri dosen-dosen dari jurusan/prodi lain di lingkungan FMIPA serta mahasiswa Kimia dari program studi S1 maupun S2.

Dalam diskusinya, Dr. Gusrizal, M.Si menjelaskan tentang nanopartikel perak yang telah menarik perhatian banyak peneliti yang disebabkan oleh bioaktivitas maupun aplikasinya yang luas di berbagai bidang. Dalam tinjauan kimia, fokus riset nanopartikel perak mengarah pada pencarian senyawa pereduksi dan agen penudung yang digunakan dalam sintesis nanopartikel perak secara reduksi kimia. Selanjutnya Imelda H. Silalahi, Ph.D menjelaskan tentang penelitian dan studi tentang logam-logam dalam material, termasuk senyawa heterobimetalik dan metalomesogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.