Jurusan Kimia UNTAN Fokus pada Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset Kampus

Kuliah Umum dan Workshop Kimia : Strategi Hilirisasi dan Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi dan Tanggap terhadap Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan bulan Oktober Jurusan Kimia, Program Studi Kimia S1, pada 25 Oktober 2019, menghadirkan seorang inventor dan konseptor sebagai narasumber, Prof. Dr. Muhammad Nur, DEA. Beliau adalah profesor di bidang teknologi plasma, telah mempublikasikan berbagai karya ilmiah yang bersifat lintas ilmiah maupun lintas negara, memiliki beberapa paten dan lisensi dengan perusahaan, serta telah memenangkan berbagai penghargaan yang terkait dengan implementasi inovasi tingkat nasional. Selain bertugas di Universitas Diponegoro beliau juga aktif dalam berbagai organisasi profesi.

Pada kegiatan ini, Prof. Nur membagi pengalaman perjalanan mulai dari penelitian dasar hingga mendapatkan berbagai paten, sampai ke tahap produksi dan komersialisasi produk, yang bermuara pada pemberian manfaat bagi mahasiswa, institusi dan terutama bagi masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Prof. Nur juga menjelaskan tentang konsep Teaching Industry di Universitas Diponegoro, yang merupakan suatu unit sistem yang terdiri dari perusahaan-perusahan produsen, akademisi yang berperan sebagai konseptor, innovator dan pengembang produk,  pemerintah yang dapat berperan sebagai pemegang kendali kebijakan. Pandangan dan pengalaman yang dibagikan dalam kesempatan Kuliah Umum dan Workshop Kimia ini telah memberi menginspirasi dan mencerahkan peserta yang hadir, yaitu sivitas akademika di lingkungan FMIPA khususnya dosen-dosen dan mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNTAN. (IHS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.