Program Studi S-2 Kimia FMIPA UNTAN Sukses Gelar Program World Class Professor

Menyongsong 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dengan kado berupa bonus demografi yang diperoleh pada periode 2030-2040, peran perguruan tinggi dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas pada saat ini menjadi sangat penting. Untuk itu diperlukan penguatan capacity building pada perguruan tinggi. Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (UNTAN) berupaya mengambil peran dalam peningkatan capacity building tersebut. Melalui program bertajuk “Peningkatan Kemampuan Sumberdaya Manusia dalam Bidang Penelitian dan Pengembangan Kurikulum”, Jurusan Kimia FMIPA UNTAN berhasil meraih pendanaan untuk melaksanakan Program World Class Professor (WCP) – Skema B dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si selaku Ketua Program Studi S-2 Kimia sekaligus Penanggungjawab Program WCP menjelaskan bahwa dengan peningkatan capacity building diharapkan dosen dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan untuk menumbuhkan kreativitas maupun inovasi yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan. Fokus program WCP ini adalah pada bidang penelitian dan pengembangan kurikulum.  Aktivitas penelitian dapat dijadikan sebagai ukuran dari kinerja atau kualitas seorang dosen, sehingga upaya peningkatan kualitas dosen dapat dipacu melalui peningkatan kemampuannya dalam melakukan penelitian.

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kualitas dari lulusan, maka sangat penting untuk menyusun kurikulum pendidikan yang dapat menjawab tantangan dan perubahan yang terjadi seiring dengan perjalanan waktu. Oleh karena itu, pengetahuan tentang penyusunan kurikulum disertai pengembangan materi perkuliahan perlu dimiliki oleh para dosen guna mendapatkan capaian dan luaran pembelajaran yang berkualitas.

Prof. Dr. Sri Juari Santosa, M.Eng. didaulat sebagai World Class Professor (WCP) dan mitra dalam program ini. Beliau saat ini menjabat sebagai Ketua Program S-3 Kimia pada Departemen Kimia FMIPA Universitas Gadjah Mada dan mempunyai reputasi sangat baik dalam hal penelitian dan publikasi, tercatat mempunyai publikasi sebanyak 95 dokumen dengan sitasi sebanyak 707 serta h-indeks = 15. Prof. Sri Juari juga dikenal berpengalaman dalam membangun jejaring internasional dengan perguruan tinggi luar negeri, pembimbingan mahasiswa sampai level S-3, penyusunan dan pengembangan kurikulum Jurusan Kimia serta aktif menulis buku dan banyak memiliki hak kekayaan intelektual berupa paten. Kapasitas personal maupun manajerial yang dimiliki beliau tersebut diharapkan dapat ditransfer kepada dosen-dosen melalui program-program kegiatan WCP yang didesain secara sistematis dengan target capaian yang realistis.

Sejak awal bulan September 2020 telah dilakukan sebanyak dua belas kegiatan yang telah diprogramkan bersama mitra. Kegiatan utama pada program ini adalah penulisan bersama artikel (joint publication) untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi. Dari kegiatan ini telah dihasilkan dua buah publikasi ilmiah yang telah di-submit ke penerbit jurnal internasional. Kedua artikel tersebut berjudul “Waste of Argentometric Determination of Chloride as a Source of Silver in the Synthesis of p-Hydroxybenzoic Acid-Capped Silver Nanoparticles” dan  “Composite of magnetite and Zn/Al layered double hydroxide as a magnetically separable adsorbent for effective removal of humic acid.”

Disamping itu, terdapat Workshop Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Artikel Jurnal Internasional Bereputasi, Workshop Pengembangan Kurikulum dan Penguatan Kompetensi Lulusan Program Studi Kimia, Seminar Trend Riset Kimia, Seminar Membangun Jejaring Riset Kolaborasi Internasional, dan delapan kegiatan focussed group discussion sebagai tindak lanjut kegiatan seminar dan workshop.

Manfaat dari kegiatan WCP ini tidak hanya dirasakan oleh dosen di lingkungan Universitas Tanjungpura, tapi juga diperoleh oleh komunitas dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun menunjukkan bahwa peserta kegiatan seminar dan workshop yang dibuka untuk umum berasal dari berbagai wilayah seperti dari pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Nusa Tenggara. Hal ini memberikan dampak berupa promosi eksistensi Universitas Tanjungpura di kalangan masyarakat.

Kesuksesan penyelenggaraan program WCP Jurusan Kimia FMIPA UNTAN ini tentu tidak terlepas dari kerja bersama dan dukungan aktif. Dengan suksesnya penyelenggaraan program ini, Gusrizal selaku pengelola program menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNTAN, Dekan FMIPA UNTAN, Narasumber serta berbagai pihak yang terlibat atas segala dukungan demi suksesnya penyelenggaraan program ini.

Melalui penyelenggaraan Program World Class Professor ini diharapkan kualitas pembelajaran dan penelitian pada Program Studi S-2 Kimia semakin meningkat. Pada saat ini, Program Studi S-2 Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan peringkat akreditasi B. Bagi masyarakat yang tertarik untuk melanjutkan studi pada jenjang S-2 dapat menelusuri informasi melalui website http://chemistry.untan.ac.id/ atau menghubungi langsung melalui nomor telepon 085750079543. Proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru telah dibuka dan akan ditutup pada bulan Juli 2021.

Artikel juga publikasikan pada Website Universitas Tanjungpura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.