Pengetahuan Nilai Gizi Jadi Kekuatan di Bisnis Kuliner

CHEMPRENEUR, yang diinisiasi dari Mata Kuliah Kewirausahaan di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura, hadir sebagai wadah belajar bisnis bagi mahasiswa kimia. Kegiatan ini berupa serial bincang wirausaha yang menghadirkan pembicara dari pengusaha maupun pendiri usaha rintisan (startup) yang ada di Kota Pontianak. CHEMPRENEUR Volume 02 kali ini menghadirkan Nopianti, S.Si, salah seorang Alumni Jurusan Kimia dan juga Owner dari Vie Cakes Pontianak, unit usaha bisnis yang mengembangkan produk kuliner khas, produk andalannya adalah Lapis Legit Pontianak.

Dalam pemaparannya, Kak Nopi menceritakan awal mula ia membangun bisnis yang didasarkan dari peluang yang ia analisis sendiri. Kemudian, dari peluang bisnis kuliner ini, ia mulai memvalidasi kebutuhan terutama terkait selera dan perilaku calon konsumennya. Hal ini dilakukannya agar segmentasi market dan produk yang ia tawarkan dapat tervalidasi dengan baik. Dalam pertemuan ini, dia juga mengungkapkan berbagai strategi marketing dalam memasarkan produk kuliner.

 

Diakuinya, pengetahuan tentang ilmu kimia yang diperoleh semasa kuliah menjadi modal yang baik dalam membangun bisnis kuliner, terutama pengetahuan tentang nilai gizi maupun kontaminasi yang berkaitan dengan kehigienisan produk kuliner yang dijual. Peserta terlihat antusias dalam diskusi yang berlangsung. Diakhir acara, Kak Nopi juga membagikan doorprize yang berupa produk-produk Vie Cakes Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.