Tim Laboratorium Kimia Ikuti Kunjungan Ilmiah ke Baristand Pontianak

Pada hari selasa tanggal 13 Februari 2018 FMIPA UNTAN melakukan kunjungan ilmiah di Balai Riset dan Standarisasi Industri Pontianak. Kegiatan ini merupakan kunjungan sekaligus studi banding terkait peningkatan mutu dan kualitas laboratorium di FMIPA UNTAN serta sebagai tindak lanjut MoU yang telah ditanda tangani FMIPA dan Baristand pada September 2017 lalu. Kegiatan Studi banding tersebut telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Ini tidak lain karena kerjasama yang baik dari berbagai pihak juga instruktur-instruktur yang memang ahli di bidangnya. Kegiatan studi banding tersebut melibatkan Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala aboratorium Riset dan Bioteknologi, Laboran Kimia, dan Laboran Biologi. Acara Pertama berupa pemaparan tentang profil Balai Riset dan Standarisasi Industri Pontianak oleh Ibu Olis Ratnasari, SH Selaku Kepala Baristand Industri Pontianak.

Acara berikutnya adalah kunjungan ke Laboratotium yang meliputi Laboratorium Kalibrasi, laboratorium Air, Laboratorium Komuditi Pangan, Laboratorium Udara dan Air Limbah, Laboratorium Riset, dan Laboratorium Mikrobilogi. Pada kujungan di Laboratorium Kalibrasi, pemandu menjelaskan mengenai prosedur dan mekanisme kalibrasi alat seperti Neraca Analitik dan AAS. Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan di laboratorium Air, Pemandu menjelaskan tentang berbagai uji yang biasa dilakukan di sampel Air serta instrument yang dibutuhkan di dalamnya. Kunjungan berikutnya adalan Laboratorium Udara dan Air Limbah. di laboratorium ini, perserta juga diberikan penjelasan tentang pembuangan dan penyimpanan limbah serta cara untuk mencegah terlepasnya limbah tersebut ke lingkungan. Berikut beberapa kegiatan di laboratorium Kalibrasi dan Laboratorium Air yang berhasil didokumentasikan.

Kunjungan Selanjutnya adalah Laboratorium Komuditi Pangan. Di laboratorium ini peserta mendapat penjelasan mengenai beberapa uji terhadap makanan seperti uji kadar protein, lemak, dan karbohidrat. Peserta juga dijelaskan tentang tata cara penyimpanan bahan kimia untuk kebutuhan analisis. Kunjungan berakhir di laboratorium mikrobiologi dan Laboratorium Riset dan dilanjutkan dengan kegiatan Sholat dhuhur. Acara berakhir pada puku 13.00 WIB. Semoga hasil dari kegiatan kunjungan dan studi banding ini dapat diaplikasikan di Laboratorium Kimia FMIPA  UNTAN dan dapat bermanfaat baik untuk kegiatan praktikum maupun riset tugas akhir mahasiwa. Berikut beberapa hasil dokumentasi di Laboratorium Komuditi Pangan dan Laboratorium Riset.

Written by : Januria

Leave a Reply

Your email address will not be published.