SCENE 2013 Membara di Negeri Malaysia

foto scene 1

SCENE MEMBARA !!! Itulah yang terdengar pada saat tanggal 18 – 23 November 2013 di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak. Hal ini dikarenakan Tim Sciene dan Engeenering Expedition (Scene) 2013 UNTAN melakukan kunjungan ke negeri Malaysia dengan membawa misi pertukaran informasi dalam bidang penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Selain itu, mereka juga memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh Negara Indonesia melalui tarian.

Selasa malam (19 November 2013) sekitar pukul 22.00 waktu Malaysia, Tim Science and Engeneering Expedition (Scene) 2013 Untan tiba di Senai International Airport, Johor Bahru, setelah menempuh perjalanan darat Pontianak-Kuching sekitar 9 jam lamanya. Setibanya di bandara, mereka langsung disambut hangat oleh mahasiswa-mahasiswa dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Bersama tim dari UTM, Tim Scene 2013 pun langsung dibawa ke tempat penginapan mereka untuk beristirahat. Selama 3 hari kedepan, akan ada beberapa agenda yang dilakukan Tim Scene 2013 di UTM dan sekitarnya.

Rabu (20 November 2013), kegiatan-kegiatan utama Scene 2013 pun akan dilaksanakan. Untuk kegiatan sesi pertama pada Rabu pagi hingga siang akan ada presentasi hasil penelitian/produk dari 5 mahasiswa Untan (Tim Scene) dan 5 mahasiswa UTM, serta 1 hasil penelitian dari dosen Untan. Kegiatan sesi pertama ini dilaksanakan di ruang L50 kampus UTM. Acara dimulai pada pukul 09.00 waktu Malaysia dengan diawali oleh kata sambutan dari pihak dosen UTM dan Untan. Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan makan makanan yang telah disajikan pihak UTM. Selanjutnya, acara presentasi hasil penelitian/produk dari 5 mahasiswa Untan (Tim Scene) dari 5 mahasiswa UTM, serta 1 hasil penelitian dari dosen Untan. Dalam kesempatan ini, 5 otang mahasiswa Untan diwakili oleh Eka Oktaviani, Wiji Napitupulu, Milda Surgani Firdania, Handri Zir Azhar, dan Weni Mandasari yang ke limanya mempresentasikan hasil produk sesuai dengan bidangnya masing-masing. Sedangkan dari pihak dosen, Untan diwakili oleh Sri Rezeki, S.Si, M.Sc, M.Sc. Para penonton cukup antusias dengan kegiatan ini. Terbukti banyak pertanyaan yang dilontarkan pada mereka. Sesi pertama ini pun ditutup dengan foto bersama.

foto scene 5

Malam harinya yang merupakan sesi kedua diadakan Malam Pertukaran Budaya antara Untan dan UTM. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Seni UTM. Masing-masing universitas menampilkan seninya masing-masing. Tim Scene untan menampilkan Tarian Nusantara dan musik medley dari berbagai daerah. Dari Tim UTM sendiri mereka menampilkan tarian-tarian khas Melayu. Setelah Pertukaran Budaya selesai, dilanjutkan dengan foto bersama Untan dan UTM.

foto scene 4

Kamis (21 November 2013), Tim Scene dan Tim dari UTM melakukan kegiatan keakraban dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan terkenal di Singapore. Singapore merupakan daerah yang berada dekat dengan Johor Bahru. Pada kegiatan ini kedua tim diperkenalkan sejarah-sejarah beberapa tempat di Singapore. Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain Sentosa, Merlion, China Town, Bugis Street, dan Mustafa Center. Mereka dijelaskan banyak hal tentang sejarah maupun cerita di tempat-tempat tersebut. Tak terasa perjalanan mereka hingga larut malam. Kegiatan pada hari rabu pun ditutup dengan makan malam bersama Tim Scene Untan dan UTM di salah satu tempat makan di Johor Bahru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.